Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura-kura Raksasa

PK.1 Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura kura Raksasa

Setelah Ukiran, maka Pantai Kartini, merupakan Ikon Jepara (dok.Pribadi)

Masih sekitar cerita seminggu menyusuri Pantai Utara Pulau Jawa, siang itu setelah sholat Dzhuhur di Mesjid Menara Kudus, perjalanan kami arahkan ke Jepara, tujuannya Pantai Kartini. Perjalanan dari Kudus memang memakan waktu agak lama, hal ini disebabkan padatnya lalu lintas, serta kami gunakan untuk istirahat makan siang di daerah Mayong. Jika saja, kondisi lancar, jarak tempuh antara Kudus-Jepara yang hanya berjarak 30 km ini, dapat ditempuh dalam waktu 35-40 menit. Singkat cerita, sore itu kami telah berada di Pantai Kartini.

PK.2 Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura kura Raksasa

Kura-kura Raksasa yang menghuni Pantai Kartini (dok. Pribadi)

Pantai yang merupakan kebanggaan masyarakat Jepara ini, terletak lebih kurang dua kilometer dari pusat kota Jepara. Dari Pendopo Kabupaten Jepara arah sebelah barat, bersebelahan dengan pelabuhan laut Jepara. Terletak di daerah Bulu dengan luas area sekitar 3,5 hektar.

Setelah membayar tiket masuk dipintu gerbang depan, dengan nominal perorang dua ribu, kami pun masuk ke Pantai Kartini. Pantai yang dikelola dengan baik ini, menimbulkan kesan asri, dan memenuhi syarat untuk wisata keluarga. Ada play ground yang cocok untuk anak-anak, ada areal track yang cukup besar dan panjang, sesuai untuk areal sepatu roda, yang untuk mereka yang tidak memilikinya, terdapat sewa sepatu roda. Ada area untuk kuliner dan tempat makan bagi mereka yang membawa bekal dari rumah, dengan halaman yang dikeramik rapi dibawah pohon rindang. Ada area padestri bagi mereka yang suka berjalan menyusuri pantai. Ada kereta wisata yang akan membawa kita mengelilingi pantai Kartini, serta beberapa Gasebo untuk melepas lelah bagi mereka yang berjalan kaki.

PK.3 Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura kura Raksasa

tempat makan santai bersama keluarga bagi mereka yang membawa bekal (dok. Pribadi)

Dan yang menjadi trade mark Pantai Kartini adalah Kura-kura raksasa, atau Kura-kura ocean Park (KOP). KOP ini sesungguhnya, adalah bangunan aquarium raksasa yang berlantai dua, pada lantai dasarnya terdapat aquarium raksasa, sedangkan pada lantai dua, digunakan sebagai ruang teater 3D.

Untuk masuk Kura-kura raksasa ini, dipungut biaya 12.500 IDR, untuk dewasa dan 7.500 IDR untuk anak-anak, sedangkan jika hari libur, besaran biaya masuk akan berubah menjadi 17.500 IDR untuk dewasa dan 12.500 IDR untuk anak-anak.

Last but not least, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi pulau Karimun Jawa, yang tinggal selangkah lagi di depan pantai Kartini, setelah lelah dengan segala fasilitas yang disediakan di Pantai Kartini, sebelum pulan, jangan lupa juga membawa souvenir yang banyak dijajakan di sekitar Pantai Kartini.

PK.4 Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura kura Raksasa

jembatan diatas air untuk pejalan kaki dgn beberapa Gasebo untuk istirahat (dok. Pribadi)

Be Sociable, Share!
  • more Pantai Kartini Jepara, Dihuni oleh Kura kura Raksasa

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>